Setting SEO On Page Web – Mengapa Penting?

setting seo on page

Setting SEO On Page Web ? Apaan ni? mungkin beberapa rekan masih bingung dengan istilah kek gini..:D..

Yess..SEO emang sebuah dunia yang sangat dinamis dan banyak sekali istilah dan cara-cara baru yang harus di pelajari setiap saat gan..hehee..paling ga itu menurut pengalaman ane.. dan artikel ini sengaja ane buat untuk calon-calon klien ane yang mau order backlink di web jasa-backlink.net ini..Karena kalo sudah pernah order ke ane,pasti selalu ane cek dulu web klien yang mau order,dan jika ditemukan settingan seo on page webny masih belum baik,pasti ane rekomendasikan untuk segera DIPERBAKI !! hehee..

SEO emang bukan ilmu pasti gan,dan ilmu ini terus berkembang dari waktu ke waktu..setiap saat! SEO adalah serangkaian hasil pemikiran dan tindakan yang kita lakukan terhadap website kita sehingga website kita berpotensi memberikan keuntungan buat kita dalam jangka panjang.

Memang,ini akan banyak menguras energi dan waktu kita,tapi jika Agan emang serius ingin memiliki Bisnis Bagus di Internet,SEO sangat layak di pelajari 

Dan tentunya banyak sekali yang harus kita pelajari..dan salahsatu yang paling mendasar menurut ane adalah yang berikut ini :

SEO ON PAGE

SEO On Page adalah optimasi seo yang kita lakukan di dalam website kita sendiri,sebuah setingan website kita yang kita buat untuk lebih mempersiapkan website kita sehingga lebih siap dan di anggap layak untuk bisa menang di SERP (Search Engine Result Page) atau Hasil Pencarian keyword di Search Engine macam GOOGLE,BING,YAHOO,MSN,DuckDuckGo,Startpage,dan masih banyak lagi search engines lainnya..

Karena bagaimana pun,dasar dari Optimasi SEO itu adalah webnya sendiri..dan hasil dari backlink yang agan bangun nanti juga ditentukan dari settingan web agan sendiri!

Dan sebagus apapun backlink yang agan dapatkan,jika web agan belum siap untuk SEO,maka hasilnya pun dapat ane pastikan TIDAK AKAN OPTIMAL !!

setting seo on page

Berikut adalah beberapa ATURAN DASAR yang menurut ane harus Agan ikuti ketika menjalankan promosi SEO website agan :

  • ATURAN DASAR #1 : Tetap Fokus Pada Kebutuhan Audiense atau Pengunjung web,Bukan Pada BOT Search Engine!!

Sebelum Agan melakukan setting web dengan teknik-teknik yang mungkin sudah agan tau,tanamkan dalam pikiran Agan,kalo agan bikin website bisnis agan ini untuk memenuhi KEBUTUHAN PELANGGAN,dan bukan untuk memenuhi keinginan dari Search Engines. Karena,seperti yang ane bilang sebelumnya,SEO itu sangat Dinamis dan Algoritma nya dapat kapan saja BERUBAH tanpa kita tau gan  dan segila apapun update algoritma yang GOOGLE lakukan,jika konten web agan emang bagus dan bermanfaat untuk pembaca,web agan ane jamin 100% akan selalu aman menghadapi aneka badai update algoritma dari peternakan penguin,panda,burung humingbird punyanya si mbah google.:D

Jadi berusahalah untuk menyajikan Konten artikel atau produk yang memang di peruntukan untuk Customer atau Pelanggan Anda. Berikan informasi jelas dan lengkap mengenai produk agan,dan sebisanya tanpa harus copy paste dari web milik orang lain,tulislah deskripsi produk dengan bahasa agan sendiri,dan yang pasti harus mudah di mengerti oleh pengunjung website agan,dan tentunya,menarik juga mereka untuk membeli produk agan 

  • ATURAN DASAR #1 : Setting METADATA website agan dengan Benar!

Banyak dari kita,masih percaya dengan cara “memasang keyword sebanyak-banyaknya di halaman web akan membantu menaikan peringkat web kita di hasil pencarian GOGGLE”..:D dan banyak banget yang ngotot dengan pendapat ini ke ane,waktu ane bilang cara itu sudah KETINGGALAN JAMAN ..sorry..heheee. Memasang keywords di web memang bener,itu sangat perlu,namun jangan pula sembarangan memasang keyword dimana-mana,karena itu ga ada gunanya menurut ane..Not WORKS!! Dan jangan percaya juga kalo ada yang bilang Title/Judul dan Meta Description web ga penting untuk SEO website kita.

Title Tags atau Judul Web/Artikel dan Meta Description setiap halaman web adalah yang terpenting gan!!

Title memberitahu search engine mengenai “Tentang apa website kita”. Selain itu Title jugalah yang menentukan pikiran pengunjung,bahwa halaman web kita itulah yang mereka cari. Jadi buatkan sebuah TITLE atau JUDUL yang Jelas dan menarik untuk pembaca dan juga sekaligus untuk bot Search Engines!

Begitu pula dengan meta description yang menjelaskan tentang apa website kita dalam kata-kata yang lebih jelas.Memang, Meta description kini tidak mempengaruhi peringkat website agan di search engine,tapi  memiliki efek yang luar biasa jika agan membuatnya berbeda dari 1 halaman web dengan halaman web lainnya. Ini lah yang membantu search engine macam GOOGLE melihat website kita.

Pastikan Title Web atau Artikel/Page selalu PENDEK dan Mengandung KEYWORD

Dan pastikan juga isi Title dan Meta Description tetep terlihat UNIK dan Natural dan mudah di mengerti oleh pengunjung website agan. JANGAN cuma berisi keyword apalagi Di Ulang-ulang seperti kebanyakan yang suka ane lihat di website-website toko online yang bertebaran di indonesia ini Don’t Do That!! 

Contoh Kasus :

Agan jual Baju, dan agan memilih keyword : Baju Murah,supplier baju murah,dan baju murah online..

Saran ane agan bikin title kek gini aja

  • Supplier Baju Murah Online
  • bukan kek gini
  • Baju Murah|Supplier Baju Murah|Baju Murah Online

Karena dengan “Supplier Baju Murah Online” saja sudah cukup mencakup 3 keyword yang agan bidik.

Begitu pula dengan meta description,jangan lakukan pengulangan keywords secara berlebihan,cukup saja sertakan 1 long tail keyword yang mencakup ketiga keyword utama yang agan bidik. Seperti “Supplier Baju Murah Online” tadi. (Oh ya,untuk setting seo on page ini, Ane rekomendasi optimasi web per page / halaman adalah 3-4 keyword ya gan,kalo bisa jangan lebih.Karena ini rekomendasi juga dari om google sesuai dengan apa yang dah ane baca dan praktekan  – kalo ingin nembak keyword lain,bikn aja halaman web baru dengan keyword dan konten yang unik sesuai dengan target keywordnya.)

  • ATURAN DASAR #3 : Jangan Terlalu Fokus lagi dengan Social Signal

Di tahun 2010-2013,Matt Cutts pernah bilang social signal pernah bilang kalo link dari facebook,g+,twitter bisa bikin ranking web kita naik posisinya di hasil pencarian. Tapi terbukti saat ini,hal ini sudah ga gitu bagus lagi untuk SEO,karena belum tentu link dari social media itu relevan dengan konten website kita.Google akhirnya ngeh dan ga lirik lagi soal social signal ini di lagoritma terbarunya. Jadi jangan kebanyakan pasang button2 social media di web kita ya..selain kurang membantu juga,malah nambahin outbound link di web kita. Social Signal atau Social Media ga bantu naikin ranking web kita,yang membantu adalah Kualitas dari Konten Website kitaTetap No Copas,Tetap Original dan buatlah pengunjung betah membaca konten di web agan..n silahkan rasakan hasilnya 

  • ATURAN DASAR #4 : Perhatikan tentang Target Semantic Search

GOOGLE saat ini telah semakin pinter aja gan  di Update terakhirnya,Google ingin memberikan hasil pencarian yang seakurat mungkin untuk para penggunanya jadi tidak cuma hanya fokus kepada keyword- keyword saja,kini google pehatikan juga konten web secara keseluruhan.Jadi jangan lagi coba-coba mengisi konten hanya dengan keyword-keyword yang bertebaran sana sini,yang menjadikan konten malah tidak di mengerti oleh pembaca atau pengunjung web agan 

Semantic search ini semaksimalnya akan berusaha memberikan jawaban kepada pengguna google untuk menemukan apa yang mereka cari,berbeda dengan Literal Search yang menggunakan hasil pencarian berdasarkan kata yang sama (Seperti yang di lakukan komputer/pc  ketika mencari file dengan menggunakan windows explorer misalnya),sedang semantic akan memberikan hasil yang lebih relevan dari pada sekedar persamaan kata atau keyword.

Jadi intinya sekali lagi,semua dasar daripada SEO adalah Konten web,jadi jangan asal-asalan bikin konten/artikel  lagi,bikin konten yang bener-bener relevan  dengan apa yang ingin agan jual atau jelaskan kepada pembaca

  • ATURAN DASAR #5 : Buatlah web Agan menjadi Web Mobile Ready !

Bulan Januari 2015 kemarin,Google sudah memastikan bahwa semua web wajib untuk bisa dan siap di akses secara mobile oleh seluruh pengguna search engine google.Bukan sekedar tampil,tapi juga memiliki versi Mobile yang memungkin web tampil bagus dan membuat nyaman pengguna web yang mengakses web tersebut melalui handphone misalnya.

Dengan web yang sudah mobile ready,website kita jadi berpotensi memberikan hasil serp yang bagus di semua devices,termasuk handphone.Ini karena Google memprediksi pengguna internet melalui handphone kini telah mulai melebihi pengguna internet yang menggunakan PC biasa..So agan juga jangan ketinggalan,bikin webnya menjadi mobile ready ya!!

ATURAN DASAR #6 : Dapatkan Backlink yang Berkualitas yang sangat POWERFULL untuk naikin Posisi SERP web Agan

Setelah semuanya oke baru agan bisa mulai beraksi dengan mulai mencari backlink berkualitas yang akan memperkuat SEO web agan dan tentunya akan menaikan peringkat web agan di google. Dan tentunya,untuk ini agan sih tinggal order aja ke ane dan ane yang akan melakukan semuanya untuk agan..hehee..Silahkan hubungi ane kapan aja untuk ini..:D Berikutnya di artikel selanjutnya ane akan jelaskan lagi lebih rinci mengenai bagaimana melakukan setting SEO on page dengan baik beserta trik untuk mensetting konten agar konten bisa tetap terlihat natural tapi juga berpotensi menang di SERP.

SEE U SOON!!.

Toviq

Konsultan SEO Professional

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest