Memahami Perbedaan Backlink Dofollow Dan Nofollow

backlink dofollow

Ketika Agan ingin memahami proses pembangunan link maka Agan sebaiknya tak melewatkan untuk memahami apa perbedaan jenis backlink dofollow dan nofollow. Dalam membangun link memang sangat penting untuk memahami jenis backlink karena ini akan berpengaruh terhadap kualitas backlink yang diperoleh nantinya. Secara umum, backlink dikategorikan menjadi dua yaitu backlink dofollow dan backlink nofollow yang mana dari segi SEO juga memiliki peran yang berbeda.

Banyak orang seringkali hanya mendengar bahwa dalam melakukan optimasi pada sebuah website perlu melakukan pembangunan link yang mana membutuhkan berbagai backlink. Namun, ternyata tak banyak yang paham apakah bisa menggunakan semua backlink yang ada atau ada jenis backlink tertentu yang potensial untuk digunakan dalam mengoptimasi website. Padahal, memahami jenis backlink menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan supaya hasil optimasinya juga sesuai dengan harapan.

Inilah Beda Backlink Dofollow Dan Nofollow

Saat membicarakan tentang perbedaan, tak ada salahnya memahami terlebih dahulu pengertian dari kedua jenis backlink tersebut baik backlink dofollow ataupun backlink nofollow.

1 .Segi Pengertian atau Definisi

Secara bahasa, dofollow artinya mengikuti. Bila ditarik pengertian secara umum, backlink dofollow merupakan backlink yang bila di dalam sebuah laman website terdapat link tersebut maka setiap ada mesin perayap yang sedang merayapi laman tersebut maka mesin tersebut akan melanjutkan untuk menelusuri link tersebut. Sehingga bisa diartikan bahwa mesin perayap akan merayapi juga halaman link dofollow yang dituju. Sedangkan backlink nofollow merupakan kebalikan dari pengertian link dofollow. Dari segi bahasanya sendiri, nofolloe memiliki arti tidak mengikuti. Artinya, ketika ada sebuah link nofollow yang tertanam dalam sebuah laman website maka mesin perayap tidak akan ikut merayapi link tersebut.

2.Segi Fungsi dan Peran

Setelah memahami bagaimana pengertian dari kedua jenis backlink, Agan pun bisa melihat perbedaan dari keduanya dari segi fungsi atau perannya.

Berikut Ini Adalah Beberapa Fungsi Dari Backlink Dofollow:

  • Ini bisa menjadi sumber backlink yang akan cepat terindeks karena sifatnya yang dofollow tersebut. Hal ini membuat mesin perayap akan lebih mudah merayapi link tersebut.
  • Mampu mempercepat proses peningkatan posisi link yang menjadi target backlink. Ketika proses indeks berjalan cepat maka ini tentu juga berdampak pada hasil optimasi yang juga tak kalah cepatnya. Tentunya, peningkatan posisi tersebut membutuhkan backlink dofollow yang berasal dari website yang berkualitas.
  • Backlink dofollow tersebut berfungsi untuk menurunkan peringkat alexa. Alexa ini seringkali menjadi pertimbangan bagi para pengguna blog. Semakin berkualitas sebuah backlink yang masuk, maka peringkat alexa pun akan semakin menurun. Jadi, fungsi dari link dofollow tersebut adalah untuk menurunkan peringkat alexa tersebut.

Sedangkan beberapa ada fungsi backlink nofollow adalah sebagai berikut:

  • Link nofollow ternyata bisa membuat backlink tampak natural. Ketika website Agan hanya berisi dengan backlink dofollow maka mesin pencari seperti Google akan menganggapnya sebagai hal yang aneh dan tidak wajar. Jadi, dalam proses pembangunan backlink, Agan sebaiknya juga mencari backlink nofollow yang berkualitas sebagai penyeimbang.
  • Meski proses index link nofollow lebih lama dibandingkan link dofollow, ternyata alexa masih memperhitungkan jenis backlink tersebut sebagai penentu penurunan peringkat alexa. Jadi fungsi lain dari link nofollow adalah untuk mengecilkan alexa.

Bagi Agan yang sudah lama berkecimpung di dunia website ataupun blog, Anda mungkin sudah cukup familiar dengan istilah link dofollow ataupun nofollow yang memang cukup berperan dalam proses optimasi. Namun demikian, bila Aganmasih sangat awam dalam proses optimasi SEO, Agan mungkin mempertimbangkan untuk menggunakan jasa optimasi sebagai jalan tengah yang cukup masuk akal. Agan bisa tetap melakukan optimasi terutama dengan metode offpage namun memanfaatkan layanan jasa SEO profesional.

Pastikan dalam memilih layanan jasa optimasi seperti misalnya jasa backlink pbn yang ane tawarkan di website ini, pastikan Agan memilih layanan jasa yang berkualitas dan profesional. Ini sangat penting untuk dilakukan supaya proses optimasi yang dilakukan bisa memberikan hasil yang maksimal. Selain itu, dengan memilih layanan jasa optimasi yang tepat maka strategi yang digunakan dalam proses optimasi juga merupakan strategi yang aman dan natural, termasuk dalam membangun link untuk website Agan. Penggunaan backlink dofollow ataupun nofollow dilakukan dengan tepat sehingga hasil yang diperoleh juga jauh lebih memuaskan.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest