2 Tahap Cara Membangun Internal Links Website

cara bikin internal link di dalam website

Halo Gan.. Seperti biasa, postingan ane kali ini adalah untuk melengkapi jawaban  ane soal cara membangun internal links di dalam website untuk optimasi seo, yang selalu dengan cerewet nya ane sampaikan ke semua rekan rekan yang chat konsultasi via WA ke ane.. bukan untuk menggurui Agan semua juga sih..ini cm ane share berdasarkan pengalaman dan hasil test ane juga dan sudah selayaknya ane share ke semua rekan/klien yang terbiasa pakai layanan jasa backlink ane di web ini, jasa-backlink.net :).

Internal links disini pun masih sebatas pemahaman ane dan bukan hasil ane baca atau liat di forum forum SEO luar juga ya gan..cuma ya keknya ga jauh jauh amat lah  intinya. 🙂

Maksud ane internal links disini adalah : sebuah link yang mengkaitkan antara sebuah konten di sebuah halaman dengan halaman lainnya..

Contohnya adalah semacam link rekomendasi undangan untuk pengunjung agar mau membaca konten artikel kita yang ada di halaman lain.. << ini contoh sederhananya

Manfaat Membangun Internal Links

Mungkin Agan pernah melihat situs berita macam TRIB**N misalnya,

kita sering liat banyak sekali links yang bertebaran di dalam artikel berita mereka, banyak link yang mengarah ke link berita lainnya kan? saling berkaitan dan memberikan link ke artikel / post lainnya.

Nah kurang lebih seperti itu lah bentuk internal links..

Nah lalu apa manfaatnya sih gan?

Internal link di dalam dunia SEO saat ini dikenali juga sebagai sumber backlink paling POSITIF dan aman, dari dulu hingga sekarang.. bahkan inilah yang di yakini oleh beberapa orang yang berkecimpung lama di dunia SEO, termasuk ane..sebagai cara teknik optimasi SEO yang paling TAHAN ALGORITMA G00Gle sekalipun!! Ga percaya? 😀 silahkan nanti buktikan sendiri pake teknik yang nanti ane sedikit jelaskan di akhir artikel ini.:)

Tahapan cara membangun internal links seperti ini adalah salah satu strategi link building paling aman dan hemat biaya,karena untuk melakukan ini Agan cukup cek konten atau halaman mana yang akan Agan jadikan konten utama yang Agan targetkan untuk naik peringkatnya, lalu pilih konten artikel lain yang sudah terposting yang isi dan keyword nya relevan (keyword turunan) dari keyword yang di setting di artikel atau page utama target tadi.

Kenapa ini ane bilang paling aman? karena untuk melakukan hal ini Agan tidak  melibatkan pihak ketiga dan hanya pemilik web sendiri yang melakukannya, dan Agan bisa mengatur sendiri komposi persentase penggunaan anchor text yang di gunakan sebagai backlink ke konten utama target tadi. Dan kenapa pula di bilang hemat biaya? ya iya dong, karena untuk ini Agan tinggal mau saja melakukannya dari artikel yang sudah terposting di dalam web atau bisa juga ketika Agan menambah artikel di blog/website Agan kapan saja.

Ya..ini adalah backlink juga! Backlink Internal ! yang dimana namanya backlink tentunya untuk membantu mengangkat popularitas sebuah URL target, sehingga juga akan membantu menaikan ranking web Agan di hasil pencarian Google!! tentu saja, jika settingan on page konten utama tadi sudah baik ya :).. Untuk standard cek settingan on page basic..agan  bisa manfaatkan website VerifySEO.com yang selalu ane rekomendasikan untuk standarisasi on page paling sederhana.

Dengan rajin membangun internal link ini juga, Agan telah membantu pekerjaan bot Google ketika menjelajahi isi konten web Agan..yang dimana hasilnya tentu akan memberikan signal positif buat Google untuk mempertimbangkan menaikan ranking konten Agan jika Google menilai konten Agan berkualitas,Navigasi bagus dan emang layak naik di Google Serps!

Cara Membangun Internal Links

Strategy Cara Membangun Internal Links

Cara ane membangun internal links adalah sebagai berikut :

Ane siapkan satu artikel yang akan ane jadikan artikel utama..artikel utama ini bisa juga di sebut artikel pilar kalo mastah mastah blogger indonesia sering bilang..

Di artikel utama ini ane usahakan settingan on page nya semaksimal mungkin dengan target KEYWORD UTAMA..

Untuk mempercepat pekerjaan setting on page konten artikel utama,.Ente bisa manfaatkan plugin YOAST atau RANKMATH (bagi pengguna WordPress), yang dimana kedua plugin ini membantu dengan memberikan skor untuk artikel kita..silahkan setting hingga skor artikel ente hijau atau cukup bagus skornya mengikuti panduan dr plugin masing masing..cukup pakai salah satu plugin aja ya..

Setelah konten artikel siap dan settingannya sudah oke..dan lebih bagus lagi jika sudah terindex google..ente bisa lanjut membuat artikel baru atau melakukan setting pada artikel lama yang sudah terposting juga. Untuk pilihan konten yang akan dipakai sebagai backlink internal ini, ane sarankan adalah artikel yang target keywordnya merupakan KEYWORD TURUNAN dari keyword utama yang di pakai di artikel utama tadi!

TAHAP 1

Contoh:

Keyword Utama di Artikel Utama : bengkel motor

maka saran ane,ente buat juga beberapa artikel support yang nantinya akan dijadikan backlink untuk artikel utama. misalnya target keyword turunannya sbb:

  1. bengkel motor honda terdekat
  2. bengkel motor terdekat 24 jam
  3. peralatan bengkel motor
  4. bengkel motor 24 jam terdekat
  5. usaha bengkel motor dan sparepart
  6. bengkel motor panggilan
  7. lowongan kerja bengkel motor terbaru
  8. bengkel motor balap
  9. bengkel motor matic jakarta timur
  10. bengkel motor custom

Buat artikel dengan target keyword turunan seperti di atas, dan pastikan juga tiap artikel yang Agan buat ini, setting seo on page nya sama bagus dengan settingan artikel utama.. karena ini adalah yang kelak akan sangat membantu upaya SEO ente.

Ketika artikel support ini sudah siap, silahkan sisipkan link yang mengarah ke url artikel utama tadi dengan menggunakan anchor text misalnya dengan komposisi berikut, ane contohkan dari kw turunan di atas (10 keyword/judul artikel)

  • bengkel motor 30% : 3 artikel
  • bengkel motor 24 jam 20% : 2 artikel
  • bengkel motor panggilan 20% : 2 artikel
  • Naked URL 10 % : 1 artikel
  • Generik Keyword (misal Daftar disini, Klik Disini)  20 %  : 2 artikel

Komposisi diatas itu jika agan berencana membuat 1 link saja dari 1 artikel ya gan.. Agan boleh membuat 1-3 internal link berbeda dalam 1 artikel..asal jangan berlebihan, karena semua jenis link yang keluar dari sebuah artikel, teapa akan menurunkan kualitas halaman tersebut di mata search engine, jadi untuk amannya, ane sarankan max 3 links saja.

Note : untuk contoh pembuatan dan penggunaan internal linknya agan bisa liat langsung di artikel ini ya 🙂

Baca juga : https://jasa-backlink.net/blog/memahami-perbedaan-backlink-dofollow-dan-nofollow/

TAHAP 2

Langkah selanjutnya agan bisa juga membangun lagi backlinks tier 2 di dalam web agan,

Dengan cara membuat artikel lagi dengan strategi yang sama, narget artikel keyword turunan tapi link anchor nya mengarah ke artikel support yang pertama..

boleh juga sesekali tetap mengarah ke artikel utama juga, hanya disini saran ane tetap fokus untuk memberikan link ke artikel support yang di Tahap 1 tadi saja, tapi bisa ke beberapa url artikel support juga gan, misal dari 1 artikel support Tahap 2 ini, kasi link ke ke 2-3 url artikel support dengan anchor keywords yang bervariatif. Silahkan berkreatif 🙂

Sampai sini ane harap Agan paham dan bisa langsung praktekan strategi cara membangun internal links ini untuk mendapatkan hasil lebih maksimal di upaya optimasi SEO yang ente lakukan. Dan jika semua artikel support sudah siap, silahkan berikan backlink untuk setiap artikel yang sudah dibuat tadi, dan booom! ane hampir bisa pastikan ranking nya bertahap akan naik sesuai dengan keyword yang Agan bidik! 🙂 jika belum puas, silahkan build terus internal linknya sampai mantap 😀

Note : untuk build backlinks ke banyak url gini, nanti akan ane bantu siapkan paketnya segera ya gan 

Semoga sukses selalu untuk kita semua..Aamiin!

Jika ada pertanyaan silahkan kontak ane via Whatsapp +6281313236555

Terima kasih sudah membaca artikel tentang cara membangun internal links ini ya gan.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest