7 Alasan Kenapa Backlink Anda Tidak Membantu Ranking Web Anda

Resminya, Google mengatakan bahwa Mereka tidak menyukai yang namanya link building atau bisa juga disebut backlink dalam meningkatkan peringkat situs. Mungkin hal ini disebabkan building dalam hal semacam ini sama saja mengatur peringkat secara tidak natural. Namun begitu, hampir semua profesional dalam bidang SEO tetap menggunakan strategi ini. Link building masing dianggap sangat berpengaruh terhadap peningkatan visibilitas pencarian, sehingga berpengaruh juga terhadap lalu lintas situs.

Sayangnya SEO offpage atau link building bukan hal yang mudah. Ketika Anda melakukan kesalahan dalam membangun link, maka akan muncul berbagai macam masalah. Bahkan jika backlink tersebut sudah disusun secara teratur selama berminggu-minggu hingga berbulan-bulan, bukan tidak mungkin backlink tersebut tidak ada pengaruhnya. Untuk lebih jelasnya mengenai hal ini, Anda sebaiknya pelajari dahulu alasan kenapa backlink Anda tidak membantu ranking web Anda pada pembahasan berikut.

  1. Menanam backlink di sumber yang salah

Kualitas sumber backlink sangat berpengaruh terhadap hasil dari link buuilding itu sendiri dan dampaknya terhadap situs. Ketika Anda membangun link dari situs-situs direktori artikel yang tidak berkualitas, maka tidak akan ada dampak yang signifikan dibandingkan Anda membangun link di situs yang memiliki trust besar, seperti website pemerintahan, organisasi dan edukasi (misalnya .edu, dan .gov). Semakin Anda melekatkan backlink di situs tak berkualitas, maka semakin tidak berpengaruh pula backlink tersebut. Bahkan bisa jadi Anda terkena penalti dari algoritma karena terindikasi melakukan spam.

  1. Rendahnya link diversity

Link diversity adalah keanekaragaman dan penyebaran jenis link, termasuk tempat dan anchor. Ketika Anda menggunakan link yang sama berulang-ulang, maka link diversity dari backlink tersebut sangat rendah. Berbeda halnya jika Anda menggunakan link yang beragam. Anda bisa menyebarkan berbagai macam link yang ada di dalam situs, termasuk link ke konten dan halaman. Selain itu perlu diketahui, setiap situs tempat Kita menyimpan, robot Google hanya akan membaca satu link unik. Jadi jika Anda menyisipkan 3 link yang sama, tetap dihitung satu. Itu mengapa kebanyakan ahli menggunakan shortener untuk menyiasati ini, semisal menggunakan goo.gl dan bit.ly.

  1. Menggunakan sumber yang sama berulang-ulang

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Robot Google tidak akan membaca banyak link yang sama pada satu situs. Oleh sebab itu, menyisipkan backlink pada situs dengan otoritas yang tinggi saja tidak cukup. Meski mungkin awalnya meningkatkan SERP, namun lambat laun peringkat situs akan menurun seiring digeser oleh kompetitor. Sumber backlink Anda haruslah bervariasi jika ingin mengatasi masalah ini.

  1. Tidak relevannya antara konten dan sumber backlink

Jika backlink yang dibangun tidak membantu ranking web Anda, mungkin saja hal tersebut dikarenakan sumber backlink yang tidak relevan. Algoritma dibuat semakin pintar dan salah satu kemampuan Mereka adalah menentukan seberapa cocoknya atau berharganya backlink yang Anda tancapkan. Semakin tidak samanya konten yang ada pada sumber backlink dengan web money, maka semakin kecil pengaruhnya terhadap SERP.

  1. Tidak menggunakan anchor berupa nama merek

Salah satu link yang tidak dibenci oleh algoritma meskipun dipasang secara tidak natural adalah nama merek, perusahaan ataupun nama pribadi. Hal ini juga berhubungan dengan penyebaran kata kunci dan link dalam membangun backlink. Anda harus membagi-bagi anchor text agar tidak terlihat sebagai spam. Jika terlalu monoton, maka akan ada footprint dan algoritma bisa saja menemukan hal tersebut, sehingga menganggap situs Anda melakukan spam.

  1. Terlalu tingginya bounch rate

Semakin cepat visitor keluar dari situs Anda, maka semakin tinggi nilai bounch rate-nya. Hal ini akan berpengaruh terhadap kekuatan backlink manakala visitor tersebut datang dari backlink yang Anda tanam. Biasanya bounch rate disebabkan oleh tampilan situs yang tidak friendly dan konten yang tidak relevan dengan keinginan pengunjung.

  1. Terlalu fokus pada backlink

SEO bukan hanya sekedar backlink. Jika Anda hanya fokus pada link building dan melupakan kekuatan konten, SEO on page, SEM dan hal-hal berkaitan lainnya, maka backlink rasanya tidak akan memiliki power yang berpengaruh pada SERP apabila Seo on Page Website Anda sendiri tidak siap untuk berkompetisi di Search engine seperti GOOGLE!.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest